MAKALAH
“PERKEMBANGAN GRAFIK PADA ANIMASI
KOMPUTER”
Disusun oleh :
ARIE PRABOWO (31116044)
HAFIZH CAHYO P (33116152)
IMANIZA FARIZAL (38116093)
SEPTIAN AHMAD S (36116925)
VILI SAFIRA (37116543)
KELAS 2DB02
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
Manajemen Informatika
UNIVERITAS GUNADARMA
2017/2018
Kata
Pengantar
Puji dan syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kemudahan kepada kami,kerna dapat
menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Perkembangan Grafik Pada Animasi
Komputer” ini dengan baik. Kami juga berterima kasih kepada Ibu Karmilasari selaku
Dosen matakuliah Pengantar Grafik
Komputer, yang telah berkesempatan memberikan tugas makalah ini kepada
kami. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini terdapat banyak
kekurangan,oleh karena itu dengan penuh kerendahan hati,kami berharap bagi para
pembaca berkenan untuk memberikan kritik dan sarannya.Semoga makalah ini
bermanfaat untuk semua.
Akhir kata kami
ucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT selalu mencurahkan rahmat dan hidayahnya
kepada kita semua. Aamiin.
Maret,2018
Daftar Isi
KATA PENGANTAR ....................................................................
DAFTAR ISI ..................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG .........................................................................
1.2 RUMUSAN MASALAH ....................................................................
1.3 TUJUAN ..............................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
2.1 ANIMASI KOMPUTER ......................................................................
2.2 PERKEMBANGAN ANIMASI KOMPUTER ....................................
2.3 TEKNIK-TEKNIK PEMBUATAN ANIMASI KOMPUTER ..............
2.4 TIPE ANIMASI KOMPUTER .............................................................
BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN .....................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Teknologi grafika computer dan
pencitraan tiga dimensi saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat
dengan tingkat kualitas dan pencapaian yang cukup signifikan dalam dua dekade terakhir.
Penerapan dari pencitraan tiga dimensi kini secara luas digunakan dalam
beberapa bidang seperti perancangan dengan bantuan computer,simulasi,dan film
animasi.
Perkembangan teknologi grafika komputer
dan pencitraan tiga dimensi saat ini memungkinkan penggunanya untuk
membuat,memanipulasi maupun melakukan simulasi dalam sebuah lingkungan maya.
Pada awaal perkembangannya,lingkungan maya semacam ini biasanya digunakan untuk
memberikan sintesa gambaran tiga dimensi tentang sebuah tempat atau gambaran
dari rencana gedung yang akan di bangun.Perwakilan tiga dimensi semacam ini
menjadi sangat menarik dan cukup mewakili keadaan yang sesungguhnya,
penggunaannya dapat melakukan eksplorasi dalam lingkungan tersebut dengan lebih
leluasa.Kini lingkungan maya semacam itu banyak ditemukan dalam permainan computer
maupun simulasi, dimana pada lingkungan maya tersebut penggunanya diberikan
kemampuan untuk melakukan interaksi dengan objek-objek di dalamnya,selain juga
kebebasan menjelajah dan mengeksplorasi.
Grafika komputer pada dasarnya adalah suatu bidang
komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan
komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer) dengan jalan membangkitkan,
menyimpan dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer.
Grafika komputer memungkinkan kita untuk berkomunikasi lewat gambar-gambar,
bagan-bagan dan diagram. Istilah grafis komputer mencakup hampir semua
yang ada di komputer yang bukan hanya teks atau suara. Grafik komputer dan
gambar yang dihasilkan komputer menyentuh semua aspek. Komputer grafis yang
dibangun dengan baik dapat menyajikan grafik statistik kompleks dalam bentuk
yang lebih muda untuk memahami dan menafsirkannya. Berbagai alat dan fasilitas
yang tersedia pada komputer grafis memungkinkan pengguna
dapat memvisualisasikan data mereka dan juga komputer grafis
banyak digunakan dalam banyak disiplin ilmu.
1.2 Rumusan
Masalah
1.
Menjelaskan pengertian tentang animasi computer!
2.
Menjelaskan perkembangan animasi computer!
3.
Menjelaskan teknik-teknik pembuatan animasi computer!
4.
Jelaskan tipe animasi computer!
1.3 Tujuan
1. Untuk mengetahui apa itu animasi computer
2.
Bagaimana perkembangan pada animasi computer
3.
Apa saja teknik-teknik pembuatan animasi computer
4.
Apa saja tipe-tipe animasi computer
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Animasi Komputer
Animasi komputer pertama kali dikembangkan di Bell
telephone Laboratories pada tahun 1960 oleh Edward E. Zajac, Frank W Sinden,
Kenneth. C Knowlton dan A. Michael Noll. Animasi komputer adalah seni menghasilkan
gambar bergerak dengan sendiri melalui penggunaan komputer dan merupakan
sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Sesuai dengan namanya, animasi
ini secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan
karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special
effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer. Animasi semakin banyak
dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun grafik komputer 2D masih banyak
ada .
Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah. Sebagai contoh perjalanan wahana ruang angkasa ke suatu planet dapat digambarkan secara jelas, atau proses terjadinya tsunami.
Perkembangan teknologi komputer saat ini, memungkinkan orang dengan mudah membuat animasi. Animasi yang dihasilkan tergantung keahlian yang dimiliki dan software yang digunakan.
Animasi komputer menggunakan CGI . CGI (Computer Generated Image) adalah penerapan bidang komputer grafis, untuk pembuatan dan memanipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D (untuk efek-efek khusus dalam film-film, program-program televisi, iklan-iklan, simulator-simulato dan sumilasi umumnya, dan media cetak), pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafika 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Data matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Secara umum prinsip yang dipakai mirip dengan grafika komputer 2D, dalam hal penggunaan algoritma, grafika vektor, dan grafika rasternya. Proses penampilan suatu model matematis ke bentuk citra 2D biasanya dikenal dengan proses 3D rendering.
Animasi 2D terus dikonsumsi oleh para
animator-animator dunia, animasi komputer mulai ada setelah teknologi komputer
berkembang di era 80-an Animasi komputer mulai terkenal semenjak munculnya film
Pixar yaitu Toy Story (1995).
Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah. Sebagai contoh perjalanan wahana ruang angkasa ke suatu planet dapat digambarkan secara jelas, atau proses terjadinya tsunami.
Perkembangan teknologi komputer saat ini, memungkinkan orang dengan mudah membuat animasi. Animasi yang dihasilkan tergantung keahlian yang dimiliki dan software yang digunakan.
Animasi komputer menggunakan CGI . CGI (Computer Generated Image) adalah penerapan bidang komputer grafis, untuk pembuatan dan memanipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D (untuk efek-efek khusus dalam film-film, program-program televisi, iklan-iklan, simulator-simulato dan sumilasi umumnya, dan media cetak), pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafika 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Data matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Secara umum prinsip yang dipakai mirip dengan grafika komputer 2D, dalam hal penggunaan algoritma, grafika vektor, dan grafika rasternya. Proses penampilan suatu model matematis ke bentuk citra 2D biasanya dikenal dengan proses 3D rendering.
2.2 Perkembangan Animasi Komputer
Perkembangan
animasi computer memerlukan waktu puluhan tahun
dalam proses penciptaaannya. Animasi secara harfiah berarti membawa hidup atau
bergerak. Secara umum, menganimasi suatu objek memiliki makna menggerakkan
objek tersebut agar menjadi hidup. Makna ini dalam dunia animasi komputer untuk
selanjutnya mengalami perluasan karena sebuah objek yang diam juga termasuk
animasi. Animasi diam (none motion) ini dipergunakan jika sebuah objek hendak
diperkenalkan secara detail pada pola penonton. Animasi mulai dikenal secara
luas sejak populernya media televisi yang mampu menyajikan gambar-gambar
bergerak hasil rekaman kegiatan dari makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun
tumbuhan. Jika dikomparasikan dengan gambar foto atau lukisan yang diam (tidak
bergerak) maka secara umum animasi lebih disukai penonton karena mampu
membangkitkan antusiasme dan emosi.
Perkembangan animasi seiring dengan
perkembangan dunia pertelevisian. Pada awalnya diciptakanlah animasi berbasis
dua dimensi (2D Animation). Yakni objek yang dianimasi mempunyai ukuran panjang
(x-axis) dan lebar (y-axis) saja. Realisasi nyata dari perkembangan animasi dua
dimensi yang cukup revolusioner berupa dibuatnya film-film kartun. Seven Dwarfs
(1937) dan Fantasia (1940) dari Walt Disney adalah karya-karya film kartun yang
melegenda sampai sekarang. Bahkan beberapa tokoh-tokoh kartun buatan Walt
Disney yang lain masih dapat bertahan dan populer sampai saat ini mekipun
pembuatan film-film tersebut dikerjakan hampir 500 tahun yang lalu. Pembuatan
animasi film kartun itu sendiri pada awalnya dikerjakan dengan membuat sketsa
gambar yang digerakkan satu demi satu. Untuk membuat satu durasi animasi
membutuhkan jumlah gambar yang cukup banyak. Sejak ditemukannya teknik animasi
sel, maka pembuatannya menjadi lebih mudah. Kertas gambar yang biasa
dipergunakan diganti dengan kertas transparan yang terbuat dari bahan celluloid
sheet. Teknik animasi sel inilah yang kemudian diadopsi dalam animasi komputer.
Kertas gambar dalam pembuatan animasi sebelumnya kemudian deprogram menjadi frame di komputer. Sehingga yang
semula berupa kumpulan gambar-gambar
maka di komputer hal tersebut sudah merupakan kumpulan dari frame-frame yang
tersusun dalam sebuah alur waktu. Adanya perubahan pergerakan suatu objek yang
dianimasi oleh komputer dapat dibuat menjadi sebuah keyframe. Sehingga menjadi jauh lebih efektif
dan efisien dibandingkan dengan animasi yang dilakukan manual.
2.3 Teknik-Teknik Pembuatan Animasi Komputer
1.
Multi-Sketching
Merupakan sketsa gambar tangan menggunakan
peralatan Tablet PC atau Digitalizer Tablet seperti Wacom yang dicapture
langsung menjadi video. Pertama kali dikenalkan oleh Renat Zarbailov yang
mengkomninasikan dua software aplikasi yaitu software sketsa dengan software
screen capture.
Gambar 1. Contoh multi sketching |
2. Skeletal animation
Sebuah teknik dalam animasi komputer, khususnya
animasi yang melibatkan struktur pergerakan susunan tulang, dimana karakter
dibagi menjadi 2 bagian yaitu representasi permukaan digunakan untuk
menggambarkan karakter (biasa disebut skin/kulit/muka) dan susunan tulang
digunakan hanya untuk meng-animasikan. Teknik ini digunakan untuk membuat/merancang
strukur pertulangan, dimana setiap unsur tulang mempunyai 3 dimensi
transformasi yaitu posisi, skala dan orientasi dan sebuah opsi/pilihan untuk
tulang yang berhubungan dengannya. Aplikasi teknik ini sering digunakan oleh
programer game komputer dan industri film juga untuk diaplikasikan pada
obyek-obyek mekanik.
Gambar 2. Contoh pembuatan skeletal animation |
3. Morph target animation atau per-vertex animation
Merupakan sebuah metode dari 3D animasi
komputer yang kadang-kadang digunakan sebagai pengganti/alternatif dari teknik
sekeletal animation. Morph target animation tersimpan sebagai sebuah seri
posisi vertex. Pada setiap keyframe animasi vertex-vertex tersebut bergerak
sesuai dengan posisi yang berbeda sesuai target perubahan pergerakannya.
Animasi morph ini digunakan misalnya untuk membuat mimik wajah/ekspresi, atau
perubahan wujud dan lain sebagainya.
Gambar 3. Contoh per-vertex animation |
4. Cel-shaded animation
Sering disebut juga Cel-Shading,cell shading atau toon shading yaitu sebuah tipe dari non photorealistic rendering yang didesain untuk membuat grafik yang dibuat dari komputer terlihat seperti digambar oleh tangan.
5.
Onion skinning
Sebuah teknik dari 2D komputer grafis
untuk membuat animasi kartun dan mengedit movie untuk melihat beberapa frame
dalam satu tampilan. Dalam hal ini animator dapat memutuskan untuk membuat atau
merubah sebuah gambar berdasarkan gambar sebelumnya. Pada animasi kartun
tradisional setiap frame dalam movie gambar sebelumnya dapat dilihat melalui
meja gambar yang diberikan penerangan dibawahnya.
Gambar 5. Pembuatan Onion Skining |
6.
Analog computer animation
Berhubungan dengan Scanimate, yaitu sebuah nama
untuk sistem animasi komputer analog yang dikembangkan pada antara akhir tahun
1960 an sampai awal 1980 an. Scanimate adalah sistem komputer
analog yang dibuat oleh Computer Image Coorporation di Denver, Colorado pada
akhir tahun 60an dan awal 70an dengan produksi hanya delapan mesin. Sistem scanimate
di2unakan untuk memproduksi video berbasis animasi untuk televisi pada tahun
1970 an sampai tahun 1980 an untuk program commercial/iklan, promosi, dan show
opening.
Gambar 6. The scanimate
2.4 Tipe Animasi Komputer
a. Animasi 2 Dimensi
Animasi 2 Dimensi adalah animasi yang paling sering kita jumpai,
animasi ini biasa disebut dengan kartun. Animasi ini berbasis pada konsep
gambar 2 dimensi.Animasi 2 dimensi dapat dibuat berdasarkan teknik/cara sebagai begikut:
1.Animasi Frame
Animasi ini mengandalkan perubahan gerak pada setiap frame.
2.Animasi Vektor
Animasi ini grafik atau gambar yang digunakan adalah grafik vektor(gambar yang dihasilkan oleh komputer) salah satu penghasil animasi vektor adalah Macromedia Flash dan sekarang sudah diambil alih oleh Adobe menjadi Adobe Flash CS3.
3.Animasi Blend
Animasi ini tidak menampilkan gambar pada frame-frame dalam menggerakkan gambar,melainkan menggunakan perhitungan matematika.
4.Animasi Morphing
Gerakan dalam animasi ini muncul akibat perubahan atau transisi dari suatu bentuk ke bentuk yang lain. Setiap transisi menampilkan suatu urutan frame, dengan demikian hasil yang didapat adalah pergerakan yang mulus.
5.Animasi Karakter Fantasi
Teknik ini mampu menampilkan karakter objek secara menonjol animasi karakter mengkhususkan diri pada pembentukan model dan gerakan baik manusia maupun binatang.
Contoh dari Software Animasi 2D ini antara lain:
Macromedia Flash
Adobe Flash
Macromedia Director
ToonBoom Studio
Adobe ImageReady
Corel RaVe
Swish Max
Adobe After Effect
b. Animasi 3 Dimensi
Contoh dari Software Animasi 3D ini antara lain:
3D Studio Max
Maya
Poser (figure animation)
Bryce (landscape animation)
Vue (landscape animation)
Cinema 4D
Blender (gratis)
Daz3D (gratis)
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Grafika komputer adalah bidang dari komputasi visual dimana penggunaan komputer akan menghasilkan gambar visual secara sintetis dan mengintegrasikan atau mengubah informasi mengenai ruang dan visual yang dicontohkan dari dunia nyata (Wikipedia). Grafis komputer adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana membangun grafik (gambar) baik 2D maupun 3D yang kelihatan nyata dengan menggunakan komputer. Salah satu bidang grafika komputer yang sangat terkenal adalah desain grafis (Nana Ramadijanti).
Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak dengan sendiri melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi.Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah.Perkembangan teknologi komputer saat ini, memungkinkan orang dengan mudah membuat animasi. Animasi yang dihasilkan tergantung keahlian yang dimiliki dan software yang digunakan.pada proses pembuatan animasi 3D diperlukan pengetahuan khusus tentang aplikasi yang dijadikan media pembuatan animasi. Selain itu dalam merancang animasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu objek animasi itu sendiri, armature atau kerangka tulang dari animasi yang berfungsi agar animasi dapat bergerak bebas, dan timeline yang berfungsi mengatur kapan objek bergerak atau berhenti.Daftar Pustaka
https://animasikuu.wordpress.com/topik/animasi-komputer/
|
Komentar
Posting Komentar